Dalam rangka memperkuat komitmen pelayanan administrasi kependudukan serta mengevaluasi capaian kinerja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan pengarahan kepada jajaran Suku Dinas Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Pusat di Aula Suku Dinas Jakarta Pusat, Selasa (17/6/2025).
Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Bapak Denny Wahyu Haryanto, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat struktural antara lain Ibu Shanti (Kepala Bidang Pembinaan, pengawasan dan pengendalian Administrasi Kependudukan), Bapak Desmond (Kepala Bidang Unit Pelayanan Administrasi Kependudukan), Bapak Firman (Kepala Bidang Data dan Informasi Kependudukan), Ibu Witri Yenny (Kepala Bidang Pencatatan Sipil), serta Bapak Syamsu Bachri (Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Pusat) beserta seluruh jajaran Sudin Dukcapil Jakarta Pusat.
Dalam sambutannya, Bapak Denny Wahyu Haryanto menekankan pentingnya memperkuat sinergi antarunit dan meningkatkan kualitas pelayanan publik agar sejalan dengan visi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global. Beliau juga menekankan bahwa janji layanan publik yang dikenal dengan sebutan “JAWARA” (Jagonya Melayani Warga) bukan sekadar slogan, tetapi merupakan komitmen bersama yang harus diwujudkan dengan kerja nyata dan berkesinambungan.
“Evaluasi bukan untuk mencari siapa yang salah, tapi sebagai bentuk tantangan bersama agar kita bisa memperbaiki dan mencapai target pelayanan dengan lebih baik. Kita punya tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat, khususnya di Jakarta Pusat, dan ini adalah momentum untuk memastikan komitmen itu benar-benar kita pegang,” ujar Denny.
Selain itu , beliau juga mengingatkan para jajaran untuk terus meningkatkan pelayanan dan kualitas pelayanan. Untuk itu, diperlukan peningkatan pada tiga aspek utama: fasilitasi layanan, inklusivitas layanan bagi kelompok rentan, serta hak atas percepatan (akselerasi) pelayanan.
Pada kesempatan yang sama, sesi tanya jawab dan diskusi terbuka berlangsung aktif. Sejumlah pertanyaan dan masukan disampaikan oleh jajaran Sudin Jakarta Pusat, antara lain mengenai strategi peningkatan IKD, optimalisasi pelayanan bagi penyandang disabilitas, serta penerapan layanan digital yang lebih adaptif terhadap kebutuhan masyarakat.
Kepala Suku Dinas Jakarta Pusat, Bapak Syamsu Bachri, menyambut baik arahan dari Kepala Dinas dan menyampaikan komitmen jajarannya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan.
“Arahan dan evaluasi ini menjadi masukan bagi kami untuk terus berinovasi dan memperbaiki layanan” ujar Syamsu.
Kegiatan ini menjadi bagian dari langkah berkelanjutan Dinas Dukcapil DKI Jakarta dalam mendukung Program Reformasi Birokrasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui pelayanan yang cepat, tepat, inklusif, dan berintegritas.